Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, Agustus 17

Macam- macam Senam Lantai Tanpa Alat

 Macam-macam senam lantai tanpa alat memang sangat beragam karena seperti yang kita ketahui bahwa senam lantai merupakan salah atu jenis senam yang dapat silakukan dengan bebas tanpa harus mengikut irama music seperti halnya senam aerobik. Sesuai dengan namanya, senam lantai tanpa adalah gerakan senam yang dilakukan di atas lantai tanpa menggunakan bantuan alat lain kecuali matras.




Ada beberapa yang umumnya dilakukan oleh pesenam, diantaraya yaitu guling depan, guling ke belakang, lompat harimau, meroda dan lain sebagainya. beberapa gerakan senam lantai tersebut tentunya perah anda lakukan, mungkin ketika anda duduk di bangku sekolah dasar atau sekolah menengah pertama.

Nah, untuk sekedar mengingatkan yang dulu pernah anda lakukan, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan info mengenai langkah-langkah yang dapat anda lakukan dalam melakukan beberapa metode tersebut. silahkan simak uraian berikut ini.

1. Guling ke depan
Untuk gerakan senam lantai yang satu ini dapat anda lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

- Berdiri tegak dengan kedua tangan lurus di samping badan
- Angkat kedua tangan ke depan, bungkukkan badan dan letakkan kedua telapak tangan di atas matras dengan posisi siku ke samping, masukkan kepala anda diantara dua tangan
- Sentuhkan bahu anda ke matras dan bergulinglah ke depan
- Lipat lutut, tarik dagu dan lutut ke dada dengan posisi tangan merangkul lutut
- Sikap akhir dari grakan senam lantai tanpa alat guling ke depan yaitu jongkok kemudian anda berdiri tegak

2. Guling ke belakang
Pada dasarnya, yang satu ini merupakan kebalikan dari senam guling ke depan. Namun, untuk gerakan senam ini diawali dengan posisi jongkok. Berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan.

- Dalam posisi jongkok, kedua kaki rapat dan tumit diangkat
- Tundukkan kepala dan posisi dagu anda merapat ke dada
- Kedua tangan anda berada di samping telinga dan telapak tangan menghadap ke atas
- Jatuhkan pantat ke belakang dengan posisi badan tetap membulat
- Saat punggung menyentuh matras, cepat tarik kedua lutut anda ke belakang kepala
- Saat kedua ujung kaki menyentuh matras ke belakang kepala, kedua telapak tangan menekan matras hingga tangan lurus dan kepala terangkat
- Ambil sikap jongkok dengan lurus ke depan sejajar bahu lalu anda berdiri

1 komentar:

  1. thank kak untuk info nya, oh iya kak bisa bagi info tentang baju senam muslim yg jual didaerah surabaya

    BalasHapus